Perkembangan Digital Marketing Menggunakan Metode Systematic Literatur Review

Authors

  • Zulfiqar Tamin Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Jhon Veri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.56427/jcbd.v3i3.593

Keywords:

Pemasaran Digital, SEO, SMM, Konten Pemasaran, Tinjauan Pustaka Sistematis

Abstract

Strategi digital marketing seperti SEO, SMM, Content Marketing, Email Marketing, Influencer Marketing, dan Affiliate Marketing diteliti menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Meninjau berbagai literatur, penelitian ini bertujuan untuk memahami efektivitas dan penerapan masing-masing strategi dalam konteks bisnis yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEO tetap esensial untuk meningkatkan visibilitas online dan menarik lalu lintas organik ke situs web. SMM memainkan peran krusial dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan brand awareness melalui platform media sosial. Content Marketing efektif dalam menciptakan nilai tambah bagi audiens dan memperkuat kredibilitas merek. Email Marketing, meskipun tradisional, masih unggul dalam personalisasi dan retensi pelanggan. Influencer Marketing semakin populer dengan memanfaatkan pengaruh individu berpengaruh untuk menarik perhatian audiens target. Affiliate Marketing menyediakan peluang kolaboratif antara perusahaan dan afiliasi untuk mendorong penjualan melalui komisi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi berbagai strategi digital marketing dapat memberikan keuntungan signifikan bagi bisnis dalam mencapai tujuan pemasaran mereka. Temuan ini menekankan pentingnya memahami karakteristik dan potensi setiap strategi untuk merancang kampanye pemasaran yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Karina, S. Alfiyatus Sa’diyah, H. Nabilah, and M. Panorama, “Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19,” Berajah J., vol. 2, no. 1, pp. 156–166, 2021, doi: 10.47353/bj.v2i1.69.

Resnawita and V. Jhon, “METODE SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW PERKEMBANGAN START UP DIGITAL PADA ERA SOCIETY,” vol. 7, pp. 312–318, 2024, doi: 10.37600/ekbi.v7i1.1418.

R. Setiawan and P. Yuana, “IMPLEMENTASI LEAN STARTUP PADA STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK STARTUP DIGITAL BERBASIS WEBSITE BIDANG EDUCATION TECHNOLOGY,” J. Kewirausahaan dan Inov., vol. 51, no. 1, pp. 51–62, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.21776/jki.2022.01.1.06.

K. A. Cahyaningrum and A. Darmuki, “Peran UMKM Digital Menyongsong pada Era Society 5.0,” Peran UMKM Digit. Menyongsong pada Era Soc. 5.0 , pp. 1–6, 2022.

Tri Sugiarti Ramadhan, “Buku Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0,” CV. Eureka Media Aksara, 2022.

B. A. Rahmawan and A. Y. Mafruhat, “Pengaruh Cryptocurrency terhadap Aktivitas Ekonomi: Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis,” J. Ris. Ilmu Ekon. dan Bisnis, pp. 61–68, 2023, doi: 10.29313/jrieb.v3i1.1974.

M. Akhtar Ariq, N. Hanggara Putra Anwar, and S. Aulia Rahma, “Dampak Digitalisasi Terhadap Bisnis Dan Perdagangan,” J. Compr. Sci., vol. 2, no. 6, pp. 1801–1816, 2023, doi: 10.59188/jcs.v2i6.401.

S. Naz, S. S. Fatima, S. A. Butt, and N. Tabassum, “A MAGDM model based on 2-tuple linguistic variables and power Hamacher aggregation operators for optimal selection of digital marketing strategies,” Granul. Comput., vol. 8, no. 6, pp. 1955–1990, 2023, doi: 10.1007/s41066-023-00408-8.

Downloads

Published

30-09-2024

How to Cite

Tamin, Z., & Jhon Veri. (2024). Perkembangan Digital Marketing Menggunakan Metode Systematic Literatur Review. Journal of Computers and Digital Business, 3(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v3i3.593

Issue

Section

Articles