Potensi Perkembangan E-Commerce Dalam Menunjang Bisnis di Indonesia

Authors

  • M. Ikhwan Syarif Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Misbah Hannum Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Sri Wahyuni Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Nurbaiti Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i1.30

Keywords:

E-Commerce, Penjualan, Bisnis, Teknologi, Internet

Abstract

E-Commerce adalah penyebaran penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, tv, dan jaringan teknologi lainnya. Perkembangan teknologi yang semakin maju dan inovasi yang tinggi oleh para pengusaha membuat laju bisnis e- commerce semakin cepat dan dikenal luas oleh masyarakat. Sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan usaha korporasi lain yang tidak mengandalkan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahwa perkembangan e-commerce di Indonesia memiliki potensi pasar yang tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pendekatan analisis deskriptif kualitatif untuk mencoba menjelaskan hal-hal berdasarkan bukti yang ada dan mempertimbangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Studi ini mengambil informasinya dari sumber sekunder seperti buku online dan jurnal. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Analisis tekstual kualitatif penelitian ini didasarkan pada buku dan jurnal yang dikumpulkan untuk penelitian ini. Prediksi pertumbuhan startup/ bisnis berbasis online di Indonesia akan terus meningkat dari tahun ke tahun karena dinamika pemahaman masyarakat terhadap teknologi informasi berbasis online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.S.Homby. 1995. Oxford Advanced Learners Dictionary Of Current English, Oxford University

Abdurrahim, M. Fauzanul Hakim., (2011), Implementasi e-Business di Indonesia, Magister Manajemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Asmani Jamal Ma’mu.(2011) .Tips Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia pendidikan. Yogyakarta : DIVAPress https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html Huff, Sid L., dkk. (2000). Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hil

Isjoni & Moh. Arif Ismail (2008). Pembelajaran Virtual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Martin Fransman, 2010, The New ICT Ecosystem: Implications for Policy and Regulation

SQW Group. (2012). Scottish e-Commerce Study-Final Report to Scottish Enterprise. UK

Wawan, Falahah (2007), Enterpise Resource Planning: Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis, Informatika, Bandung

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Syarif, M. I. ., Hannum, M., Wahyuni, S., & Nurbaiti. (2023). Potensi Perkembangan E-Commerce Dalam Menunjang Bisnis di Indonesia. Journal of Computers and Digital Business, 2(1), 11–14. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i1.30

Issue

Section

Articles